Depok, 17 Juli 2009
Ciri Baru Dinar WIN
-

Selain corak yang berbeda-beda, setiap koin dinar juga memiliki penanda dan ciri khusus, sesuai dengan otoritas yang menerbitkannya.


Dinar IMNMaka, setelah secara resmi memperkenalkan koin Dinar pecahan baru 2 Dinar dan 1/2 Dinar seri Nusantara dengan motif Masjid Agung Demak, Wakala Induk Nusantara (WIN), memberikan ciri khusus baru pada semua koin Dinar yang diedarkan oleh WIN melalui jaringan Wakalanya. Ini berarti untuk Dinar dengan satuan 1 Dinar dari Seri Haji (dengan corak Masjid Nabawi Madinah) memiliki ciri baru tersebut.

Koin-koin Dinar WIN yang kini beredar dengan demikian akan memiliki dua corak berbeda,yakni Masjid Nabi (untuk satuan 1 Dinar, telah beredar sejak awal Juli 2009) dan Masjid Agung Demak (untuk satuan 1/2 dan 2 Dinar, insha Allah akan mulai beredar dua pekan lagi) pada sisi tampak muka. Perubahan terbaru lainnya terdapat pada sisi tampak belakang. Berikut beberapa detil ciri baru pada Dinar WIN tersebut:

  1. Kontur lafaz Laa ilaha Ila Allah. Pada koin dinar sebelumnya, kontur lafaz Laa ilaha ila Allah ini tercetak ke dalam, kini lafaz tersebut dicetak timbul, hingga lebih dapat dirasakan dengan cara diraba.

  2. Logo WIN. Ornamen bunga yang terletak di bagian atas digantikan dengan Logo Waka Induk Nusantara yang bersegi delapan, sebagai penanda otentisitas koin yang resmi dijamin oleh WIN.

  3. Keterangan Sertifikat. Pada sertifikat keaslian, dengan jelas kini tertulis pada halaman keternagan sepesifikasi, bahwa koin tersebut merupakan Desain: Dinar WIN.

Dinar WINPerbaikan ciri baru di atas merupakan langkah Wakala Induk Nusantara untuk senantiasa berupaya menjaga keaslian dan kadar serta timbangan dari koin dinar dan dirham yang beredar. Semuanya sebagai bagian dari upaya untuk melindunginya dari kemungkinan pemalsuan. Meskipun demikian Dinar yang telah lebih dahulu beredar dengan corak dan ciri lama tetap berlaku.